Friday, March 9, 2012

Kurangi Resiko Kanker Prostat Dengan Kopi


Bagi kaum wanita, banyak minum kopi memang tidak baik bagi tubuh dan kesehatan mereka. Namun ternyata bagi kaum pria, efek yang terjadi justru sebaliknya. Berdasarkan oenelitian yang dilakukan terhadap 48 ribu pria, disimpulkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko kematian akibat kanker prostat.

Hasil penelitian ini memang merupakan kabar gembira bagi kaum pria peminum kopi. Mereka yang minum enam atau lebih cangkir kopi dalam sehari ditemukan 20 persen lebih sedikit untuk menderita kanker prostat, salah satu penyakit kanker yang umum diderita pria. Tidak hanya itu, mereka juga 60 persen lebih sedikit untuk menderita bentuk kanker agresif yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Survet itu sendiri dilakukan di Amerika Serikat pada pria-pria yang bekerja sebagai profesional di bidang kesehatan. Setiap empat tahun antara 1986 dan 2006, mereka diminta melaporkan rata-rata asupan harian minuman kopi mereka. Selama rentang 20 tahun itu, tercatat 5035 orang didiagnosis kanker prostat dan 642 orang di antaranya memiliki kasus fatal.


Dr. Kathryn Wilson, kepala penelitian tersebut yang berasal dari Harvard School of Public Health, Boston, menyatakan, “Saat ini kami masih belum tahu faktor resiko yang bisa mengubah atau mengontrol untuk menurunkan resiko kematian kanker prostat. Bila penemuan kami sahih, kopi bisa mewakili satu faktor yang bisa diubah untuk mengurangi resiko menderita bentuk kanker prostat yang paling bahaya.”

Sayangnya, seperti disampaikan oleh Dr. Helen Rippon dari The Prostate Cancer Charity, belum ada penelitian lain yang menunjukkan hubungan yang sama antara ngopi dengan turunnya resiko kematian akibat kanker prostat. Karena itu, ia menganggap bukti penelitian itu masih belum jelas.

“Meskipun penelitian itu merupakan pengetahuan baru buat kita, penelitian itu masih jauh. Kami belum merekomendasikan pria yang tidak punya kebiasaan minum kopi untuk meminumnya demi mencegah kanker prostat,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment