Wednesday, March 14, 2012

Tips Menikmati Wisata Kuliner






Ghiboo.com... Apakah anda hobby jalan-jalan taoi tidak berani mencoba dan mencicipi kuliner khas daerah atau negara yang anda tuju? Bisa jadi, karena anda takut rasanya tidak cocok di lidah, takut tidak halal dan banyak alasan lainnya. tentunya perjalanan anda kurang sempurna bila tidak mencicipi makanan khas tempat yang dituju. Berikut beberapa tips dan panduan agar tidak khawatir mencoba kuliner khas.

Minta Rekomendasi

Anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat makan di buku panduan perjalanan atau informasi dari internet. Nemun, rekomendasi yang paling berharga adalah dari penduduk lokal. Penduduk lokad biasanya paling tahu tempat makan yang murah. bersih, dan rasanya enak.


Berani  Mencoba

Banyak orang tudak mau mencicipi makanan lokal hanya karena khawatir rasanya tidak cocok di lidah. Tapi, anda tak akan pernah tahu kalau tidak mencoba. Beri kesempatan lidah anda mengecap cita rasa yang baru. Sebagai awalan, cobs dulu hidangan yang mirip masakan Indonesia. Kalau sudah terbiasa, lidah akan lebih mudah menerima jenis hidangan lainnya.

Cari tahu kehalalanya

Di negara-negara non muslim, k'onsep halal mungkin kurang dimengerti. Supaya tidak membuat bingung atau salah paham, cukuo tanyakan pasa pelayan atau penjual apakah makanan tersebut mengandung babi dan bahan lainnya yang dularang mwnurut agama Islam

Perhatikan kebersihannya

Kebersihan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Sebelum  memutuskan untuk membeli makanan di warung atau rumah makan tertentu, perhatikan kondisi lingkungannya apakah cukup bersih. Setelah itu, perhatikan beik-baik kebersihan tukang masak dan pelayannya

Pantangan Makanan

Saat bepergian, ornag cenderung kurang memperhatikan bahan makanan yang harus dihindari. Bagi pengidap alergi atau memiliki penyakit tertentu, pantangan makanan tak boleh dianggap sepele. Menyantap makanan yang dilarang dokter sama saja dengan mengundang masalah kesehatan serius. Meskipun jauh dari rumah, pastikan anda tetap melaksanakan anjuran  dokter.

Tanyakan harganya]

Turis biasanya gengsi menanyakan harga makanan, tapi ini justru bisa mengundang tindak penipuan bagi anada. Kalau anda benar-benar enggan bertanya soal harga makanan, sebaiknya pilih rumah makan yang mencantumkan harga. Risikonya, pilihan anda menjadi jauh lebih sedikit.

No comments:

Post a Comment